Minggu, 06 Desember 2009

Kota Bogor Bebas Asap Rokok 2010

Pada 2010, Kota Bogor ditargetkan sudah menjadi daerah yang bebas asap rokok.

Hal itu terungkap dalam pertemuan perumusan strategi penerapan Kawasan Tanpa Rokok (KTR) dengan mengambil kebijakan di institusi pendidikan, Balaikota Bogor, Kamis (15/10). Demi tercapainya target tersebut, pihak Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor telah membuat Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang KTR yang telah diajukan ke DPRD dan hingga kini masih tahap pembahasan DPRD.

Wali Kota Bogor Diani Boediarto yang diwakili Asisten Administrasi Kemasyarakatan dan Pembangunan, Eddy S Warsa, mengatakan, dengan Perda KTR yang akan diterbitkan, diharapkan bisa lebih memacu semangat untuk semua pihak bekerja lebih keras, lebih cerdas, dan lebih ikhlas. "Agar tahun 2010 Kota Bogor bebas dari asap rokok akan bisa terwujud. Makanya, harus ada upaya-upaya yang lebih inovatif dan kreatif dengan lebih banyak lagi melibatkan elemen masyarakat," kata Edy.

Kini, respons positif datang dari banyak kalangan akan inisiatif Pemerintah Kota Bogor untuk mewujudkan kota bebas asap rokok. Survei yang dilakukan oleh Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) No Tobacco Community dengan Dinas Kesehatan menyebutkan, sembilan dari 10 warga Kota Bogor setuju dengan penerapan kebijakan 100 persen bebas asap rokok di ruangan tertutup, tempat umum, tempat kerja, dan transportasi umum.

Hasil survei juga menyebutkan lebih dari 90 persen perokok aktif di Kota Bogor telah mendukung langkah pemerintah menerapkan kebijakan tersebut. "Aspirasi ini sudah diserap dengan baik oleh anggota DPRD Kota Bogor yang telah memberikan lampu hijau terhadap raperda tentang KTR yang diajukan Pemerintah Kota Bogor untuk segera disahkan," paparnya. (DD/OL-04)

Sumber :
Dede Susanti
http://www.mediaindonesia.com/read/2009/10/16/100600/123/101/Kota-Bogor-Bebas-Asap-Rokok-2010
16 Oktober 2009

1 komentar:

  1. Kita dukung sepenuhnya gerakan ini! semoga bermanfaat!

    BalasHapus